Tata Tertib dan Kode Isyarat Dalam Touring

Di posting oleh Ade'SM pada 08:02 PM, 14-Apr-11

Di: Biker's

Kali ini saya masih mengupdate postingan dalam kategori biker's/otomotif. Sebelumnya saya telah membuat postingan dengan judul Persiapan Sebelum Touring, nah sekarang saya akan coba membahas Tata Tertib dan Kode Isyarat dalam touring.

TATA TERTIB TOURING

Dalam kegiatan perjalanan bersama dengan sepeda motor untuk menempuh jarak yang cukup jauh, ada beberapa hal yang paling tidak harus diketahui oleh seluruh peserta touring. Hal tersebut mencakup:
1. Datang On Time, Datang sesuai dengan jadwal yang ditentukan, minimal satu jam sebelum berangkat untuk istirahat, persiapan dan briefing.
2. Menempatkan para pemula di barisan depan, dan peserta yang berboncengan.
3. Wajib mengenali peserta lainnya terutama di depan dan belakang kita berikut petugas rombongan.
4. Hafalkan rute atau peta serta pemberhentian yang telah dijadwalkan.
5. Tidak dalam pengaruh alkohol, obat-obatan terlarang yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.
6. Konvoi selalu diusahakan di jalur kiri jalan.
7. Kecepatan disesuaikan dengan kondisi jalan (maksimal 80 kpj di luar kota, dan 60 kpj dalam kota).
8. Mengikuti semua perintah petugas yang bertugas baik lisan maupun dalam bentuk kode isyarat.
9. Tidak turut mengatur perjalanan touring kecuali petugas.
10. Dilarang mengintimidasi pengguna jalan lain (memukul, menendang, meludahi, atau bentuk lainnya).
11. Memberikan kesempatan kepada pengendara lain yang secara terpaksa karena kondisi lalu lintas harus masuk dalam barisan konvoi.
12. Tidak menggunakan klakson dan sirine secara berlebihan terutama pada saat kondisi macet, kecuali kondisi emergency.
13. Memberikan salam penghormatan kepada petugas polisi, atau pengendara lain dengan mengacungkan ibu jari.
14. Memberikan isyarat yang sopan saat meminta jalan kepada pengguna jalan lainnya, dan mengucapkan terima kasih dengan mengacungkan ibu jari.
15. Patuhi aturan lalu lintas, Tetap menjaga aturan berlalu lintas yang baik. Jangan mentang-mentang rombongan banyak lalu melanggar rambu rambu lalu lintas dengan seenaknya, seperti terobos lampu merah, selip kiri selip kanan tanpa sein, berjalan berjejer dengan menghambat laju kendaraan dibelakangnya, dan jangan buang sampah seenaknya....
Jika road captain terkena lampu merah sebaiknya berhenti, meski kita rombongan banyak dan ada surat jalan, polisi tidak suka kalau kita terobos lampu merah. Kecuali kalau road captain pas lampu hijau kemudian pas tengah rombongan tiba-tiba merah, agar tidak terputus bisa lanjut terus asal dijaga oleh blocker. Jadi ketika lampu lalu lintas, meski hijau blocker tetap harus siap menjaga rombongan kalau-kalau lampu merah menyala di tengah rombongan.
16. Nyalakan lampu utama dan hazard, meskipun jalan di siang hari, nyalakan semua lampu utama kendaraan agar kendaran lain yang di depan atau dari arah berlawanan dapat dengan cepat mengetahui keberadaan motor kita. Juga nyalakan hazard bagi yang sudah pasang. Untuk yang gak ada hazard, pasang sen kanan. Sen dan hazard dinyalakan terus sepanjang perjalanan. Kalau mau diistirahatkan gunakan waktu ketika berhenti atau lampu merah. Karena itu kondisi aki harus diperhatikan sebelum berangkat, cek kondisi setrum dan airnya jangan sampai kurang

17. Jangan saling menyalip kawan di depannya kecuali diperintah petugas. Touring bukan untuk saling menyalip, bukan balapan!, tapi kerapihan, ketertiban berkendara, dan kebersamaan.
Bukan dilihat siapa yang sampai duluan, tapi bagaimana agar semuanya dapat selamat sampai tujuan.
18. Jaga jarak aman antar kendaraan, posisi motor dengan yang depan agak bersilangan (zig-zag), sehingga bisa mengantisipasi bila motor/kendaraan didepan tiba tiba melakukan manuver/rem mendadak.
19. Selalu waspada dalam berkendara. Bila ngantuk berat, terjadi masalah, atau ada kerusakan motor segera beritahu petugas dengan keluar dari barisan sambil mengacungkan tangan dan membunyikan klakson panjang.





KODE ISYARAT DALAM TOURING




Kode Isyarat wajib di kuasai Road Captain (RC) dan Vojrider (VJ) dan dapat di mengerti oleh peserta rombongan touring.
Kemudian kode isyarat yang diberikan oleh RC/VJ harus di
ikuti oleh peserta secara berurutan mulai dari peserta nomor 2 & terus ke belakang.
Pada prakteknya beberapa isyarat mempunya arti dan makna yang berbeda. Hal ini karena disesuaikan dengan gaya dan riding style dari setiap komunitas,
klub motor, jenis motor yang dipakai. maupun sikap dari pengendara itu sendiri.
Kode-kode tersebut diantaranya :

1. START MESIN

RC/VJ memberikan isyarat 'hidupkan mesin' dengan tangan kanan keatas sambil memainkan jari telunjuk tangan kanan.
Posisi masih berhenti dan kode start harus didahului oleh klakson dari Sweeper (SW) yang ada paling belakang. Usai klakson SW tadi, RC memberikan acungan jempol tangan kanan/kiri agar dilihat oleh semua peserta, artinya 'ready to go.'

2. BELOK KIRI, BELOK KANAN, MAJU TERUS dan BERBALIK ARAH

RC/VJ memberikan isyarat dengan cara mengangkat tangan kiri dan mengayunkan lengan ke arah kiri dengan telapak tangan terbuka dan jari-jemari rapat, berarti rombongan bersiap BELOK KIRI.
Jika lengan kiri di ayunkan ke arah kanan, berarti bersiap BELOK KANAN.
Dan jika lengan kiri di ayunkan ke arah depan, berarti rombongan dapat jalan terus dengan mengambil arah ke depan atau MAJU TERUS.

Jika RC/VJ mengangkat lengan kiri dan mengacungkan 1 jari kemudian membentuk lingkaran, berarti rombongan harus berputar atau BERBALIK ARAH.

3. JALANAN BERBAHAYA

Jalanan berbahaya ini bisa jalan berlubang, tidak rata, banyak pasir/kerikil, polisi tidur, berair dan lainnya.
RC/VJ memberikan isyarat dengan cara menurunkan kaki kiri, berarti jalanan ada masalah di sebelah kiri.
Jika kaki kanan yang di turunkan, berarti jalanan ada masalah di sebelah kanan.
Dan jika kedua kaki diturunkan, berarti jalanan tersebut ada masalah sebaiknya turunin kecepatan dan berhati-hati.


4. MENGURANGI dan MENAMBAH KECEPATAN

RC/VJ memberikan isyarat dengan cara membuka telapak tangan kiri kemudian di gerakan ke atas dan ke bawah secara berulang dan perlahan, berarti rombongan harus MENGURANGI KECEPATANnya.
Jika RC/VJ memberikan isyarat dengan cara membuka telapak tangan kiri kemudian di gerakan ke depan secara berulang, berarti rombongan harus MENAMBAH KECEPATANnya.
Kedua isyarat ini harus mempertimbangkan kondisi jalan.

5. BUAT FORMASI BARISAN


RC/VJ memberikan isyarat dengan cara mengangkat tangan kiri dan mengacungkan 1 jari, berarti formasi di buat satu barisan di mulai dari Road Captain sampai barisan paling belakang (Sweeper).
Jika RC/VJ mengacungkan 2 jari, berarti formasi di buat 2 barisan, dengan formasi zig-zag.
Isyarat ini meminta formasi barisan grup menjadi 2 dengan syarat kondisi jalan sepi dan formasi memang layak untuk
berbaris dua. Jika kondisi dua baris sudah tidak mungkin lagi, maka secepatnya RC/VJ memberikan isyarat satu baris.

6. MEMPERJAUH JARAK ANTAR PESERTA

RC/VJ/SW memberikan isyarat dengan cara mengangkat tangan kiri dengan jari terkepal kecuali ibu jari dan kelingking, berarti menandakan untuk MEMPERJAUH JARAK ANTAR PESERTA rombongan khususnya peserta yang berdempetan.


7. RC MEMBUTUHKAN BANTUAN SWEEPER

RC memberikan isyarat dengan cara menepuk helm bagian kanan dengan tangan kanan 2 kali, berarti RC MEMBUTUHKAN BANTUAN DARI SWEEPER.

8. ISI BENSIN
RC/VJ memberikan kode isyarat tangan kiri menunjuk ke arah tangki bensin, berarti waktunya ISI BENSIN. Pada saat isi bensin isilah bensin full tangki.

9. PESERTA ADA MASALAH

Salah satu peserta ada yang membunyikan klakson secara panjang tanpa jeda, berarti peserta tersebut mengalami masalah. SW harus langsung memberi tahu RC supaya memberhentikan rombongan.

10. MENGHORMATI PENGGUNA JALAN LAIN

Semua peserta tanpa ada isyarat dari RC bisa Mengacungkan ibu jari, tanda bahwa kita MENGHORMATI PENGGUNA JALAN LAIN.


11. STOP/BERHENTI

RC/VJ memberikan isyarat dengan cara mengangkat tangan kiri dan mengepalkan jari tangan menandakan agar rombongan memperlambat laju kendaraan untuk STOP/BERHENTI.

12. RAPIHKAN KENDARAAN dan MATIKAN MESIN di TEMPAT PARKIR

RC memberikan isyarat dengan cara mengangkat ibu jari dan telunjuk, berarti peserta harus RAPIHKAN KENDARAANnya di tempat parkir.
jika RC memberikan isyarat dengan cara mengangkat telunjuk dan menggerakannya seperti memotong leher, berarti peserta mengharuskan MEMATIKAN MESINnya.

Catatan Penting

* Pemberian isyarat harus memperhatikan keselamatan diri sendiri dan pengendara lain sehingga tidak terjadi kecelakaan dikarenakan usaha memberikan/meneruskan isyarat.
* Pemberian isyarat dilakukan tanpa menimbulkan kesan arogansi dan mengintimidasi pengguna jalan lain. Misalnya : menunjuk pengendara lain agar menyingkir, berdiri diatas motor sambil memberi isyarat pengendara dari arah berlawanan untuk menyingkir, mengangkat kaki seolah-olah ingin menendang pengguna jalan lain, memberikan isyarat yang mengagetkan pengguna jalan lain, dst.

Seluruh keterangan Tata Tertib dan Kode Isyarat Dalam Touring yang telah dipaparkan diatas bukanlah suatu hal yang baku. Sebenarnya masih banyak lagi mekanisme touring, maupun isyarat-isyarat lainnya yang bisa dipergunakan ketika berkendara bersama club/grup. Semua mekanisme touring dan kode isyarat tetap disesuaikan dengan kebutuhan, juga perkembangan dari setiap grup, komunitas maupun club motor yang bersangkutan.
Semua orang ingin menikmati perjalanan dengan nyaman, dan keluarga dirumah pun selalu mendoakan agar kita selamat sampai ditujuan

Sumber : Pengalaman pribadi dan dari berbagai sumber

Posted By : Ade'SM

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

30 tanggapan untuk "Tata Tertib dan Kode Isyarat Dalam Touring"

Rina n s pada 08:17 PM, 14-Apr-11

1st gan lamkenal ronda nyari makanan hehehe

Adhe'SM pada 08:24 PM, 14-Apr-11

@rina : bru slesai posting, udah ada yg coment, lamkenal jg rina

Saunk PC pada 10:55 PM, 14-Apr-11

ikut nyimak gan

Adhe'SM pada 03:44 AM, 15-Apr-11

@saung pc : silahkan sob, mudah2n ada manfaatnya.

Rina n s pada 06:23 AM, 15-Apr-11

Hallo gan met pagi!!

aden pada 07:43 AM, 15-Apr-11

Met pagi kang ,suka jalan-jalan pake motor rupanya,pasti seru ea kang?

Adhe'SM pada 08:08 AM, 15-Apr-11

@rina : met pagi jg rina, pagi2 dah blogwalking nih..

Adhe'SM pada 08:10 AM, 15-Apr-11

@aden : met pagi jg kang, iya udah hoby sich..

Amien pada 11:39 AM, 15-Apr-11

met siang kang,mantap nih artikelnya.td malam aku sempat mampir kesini,sekitar jam 00:30,bhkan aku sempat nulis komentar,bercerita panjang bngt,tp sayang sblm dikrm,hpku ngedrop kang,uhh kcwa bngt,akhirnya aku tdr deh.sip kang,lanjutkan..
*salam kompak selalu*

Adhe'SM pada 12:43 PM, 15-Apr-11

@amien : met siang jg kang amien, brarti hpny pengen istrhat jg tuh kang,hehe..
Thank's yah kang, salam kompak jg..

Satriaji pada 08:01 PM, 15-Apr-11

kunjungan balasan kawan..
Wah tipsnya bagus bgt, walau ane jarang touring, tp bisa jadi pegangan nich

Adhe'SM pada 04:24 AM, 16-Apr-11

@satriaji : thank's sob atas knjungan baliknya.

Deawa pada 02:00 PM, 16-Apr-11

artinya, "GENG MOTOR" tak selalu negatif smile !

Adhe'SM pada 02:40 PM, 16-Apr-11

@deawa : geng motor sama club motor sangat beda sob, club motor biasanya kmpulan komunitas motor yg resmi ada pengurusnya dan hal2 yg dsalurkan pun positif, beda dgn geng motor, geng motor identik dgn hal2 negatif. Itu mnurut pndapat saya sob..,

Wahidin pada 11:40 PM, 16-Apr-11

absen aja..

Adhe'SM pada 12:36 AM, 17-Apr-11

@wahidin : monggo kang..

Wisma pada 07:14 AM, 17-Apr-11

kunjungan pagi,ikut nyimak...kang Adhe.

Adhe'SM pada 07:36 AM, 17-Apr-11

@wisma : pagi2 dah blogwalking nih..
Lanjutkan blogwalkingnya sob, sukses slalu..

Ykubnay pada 08:14 AM, 17-Apr-11

Sy paling senang jln rombongan krn daerahku g da gunung kami rame2 pake motor keliling kota istirht dipantai..hilang stres. Mantap sob jadi bnyk yg sy ketahui pd artikel ini.

YOKSER.COM pada 08:52 AM, 17-Apr-11

wah kebetulan sy lagi masuk klub motor.. thanks

Amien pada 09:27 AM, 17-Apr-11

met pagi kang Adhe,bener bngt kang,aku pnya pengalaman mengenai genk motor.aku dulu prnh pny kios rokok didaerah ciumbuleut,kiosku dirusak ama sekempulan genk motor,rusak berat dilempar batu,balok dsb.trauma aku kang,pas kejadiannya tengah malam sekitar jam 1 malam,udah lama sih kang 2,5 thn yg lalu.tp kl ngmngin genk motor jd inget lg.sangat beda jauh geng motor,ama club motor yg resmi..

Adhe'SM pada 06:44 PM, 17-Apr-11

@yakubnay : hoby jalan2 jg yah sob, kpn nih bisa touring bareng, yah mudah2n ada manfaatnya walaupn cuman sedikit

Adhe'SM pada 06:50 PM, 17-Apr-11

@yokser : sama-sama sob...
@amien : waduh, saya trut prihatin kang ats kjadian tsb. Tp ngomong2 ga ada korban luka kan kang?, bandung emg rawan dgn geng motor kang, saya jg ngeri kalo pas jalan sndri naek motor malam2, apalg djln soekarno hatta..,byk bget geng motor dsana

Amien pada 06:21 AM, 18-Apr-11

Met pagi kang,ngopi yuk, ama ketan goreng nih..msh anget.plus rokok kretek..
Menjawab pertanyaan Kang Adhe,wkt kejadian Alhamdulillah gak ada korban luka,hanya kios yg rusak,hancur kaca kiosnya.untung jg geng motornya gak berhenti,mereka merusak sambil naik motor,ada sekitar 6motor,rata2 berboncengan.lokasinya di Jl bukit jarian-ciumbuleuit.Skrg kiosnya msh ada,tp udh aku jual.Hmm,bener kang Soekarno hatta memang rawan,dulu jg prnh ada kasus pelajar smp disabet parang ama geng motor..aku jg takut kl jalan malam2 sndri lwt jm 11 malam.
Oke deh kang,met beraktifitas ya,moga sukses.Salam tuk keluarga.

*Keep Spirit...*

Adhe'SM pada 07:59 AM, 18-Apr-11

Met pagi jg kang, mantep tuh pagi2 dah ngopi+ketan goreng+ rokok kretek, boleh jg tuh. Iya skrg hrus lebih brhati-hati kang, mudah2n udah byk yg tobat tuh para genk motor, n satau saya skrg kpolisian membolehkan tembak ditempat klo ada genk motor yg bikin krusuhan.
Btw, skrg aq wktuny istrhatkn bkn beraktifitas kang, maklum kerja masuk malam,wktunya tidur,hehe..
Oke, kang.. Met braktifitas bwt kang amien, slam balik jg buat kluarga kang amien..

Amien pada 07:46 PM, 18-Apr-11

Met malam kang Adhe,walah kerja malam ya kang,yo wis met beraktifitas malam ya.
*Tetap Jaga Kesehatan Jasmani dan Rohani*

Adhe'SM pada 10:20 PM, 18-Apr-11

@amien : siplah..Kang

Adhe'SM pada 09:14 AM, 21-Apr-11

@gie_cyberranger : gpp apa2 jg sih sob, cman saya heran aja prasaan blum lama saya posting artikel tsb, tp udah ada dblog lain. Ya udah mudah2n ada manfaatnya sob,
salam kenal jg..

Cmc pada 06:57 PM, 25-Nov-12

Ijin copas

Alim pada 07:44 AM, 02-Jul-13

thank you kang Adhe atas panduannya

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar